Minggu, 25 September 2016

Penjelasan tentang samba



 Hasil gambar untuk gambar samba pada jaringan
Pengertian Samba
Samba adalah perangkat lunak pelaksanaan SMB / CIFS jaringan protokol , dan pada awalnya dikembangkan olehAndrew Tridgell . Samba memberikan berkas dan mencetak layanan untuk berbagai Microsoft Windows klien dan dapat mengintegrasikan dengan Microsoft domain Windows Server , baik sebagai Domain Controller (DC) atau sebagai anggota domain. Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.
Sejarah Samba
                Andrew Tridgell mengembangkan versi pertama dari Samba Unix pada bulan Desember 1991 dan Januari 1992, sebagai mahasiswa PhD di Universitas Nasional Australia , menggunakan packet sniffer untuk melakukan analisis jaringan dari protokol yang digunakan oleh DEC Pathworks perangkat lunak server. Pada saat rilis pertama, versi 0.1, 0.5 dan 1.0, semua dari paruh pertama Januari 1992, itu tidak memiliki nama yang tepat, dan Tridgell hanya menyebutnya "file server yang Unix untuk Dos Pathworks". Pada saat versi 1.0, ia menyadari bahwa ia "sebenarnya sudah menerapkan protokol NetBIOS" dan bahwa "software ini bisa digunakan dengan klien PC lainnya".
Dibawah ini adalah tabel pengembangan samba.
Tangga                       Versi                Deskripsi
23-09-2003                3.0.0                 upgrade besar
2008/01/07               3.2.0                 Ini akan diperbarui pada dasar yang dibutuhkan untuk masalah    keamanan hanya [11]
27-01-2009                3.3                  
2009/03/07               3.4                   Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan kedua kode Samba 3 dan Samba 4 sumber. [12]
30-04-2012                3.4.17             Ini adalah rilis stabil terbaru dari seri Samba 3.4. [13]
2010/01/03               3.5                   Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan dukungan eksperimental untuk SMB2 . [14]
2011/09/08               3.6                   Ini adalah cabang pertama yang meliputi dukungan penuh untuk SMB2 . [15]
2012/11/12               4                       Ini adalah menulis ulang utama yang memungkinkan Samba menjadi Directory kontroler domain Active, berpartisipasi penuh dalam Windows Active Directory Domain. Its preview teknis pertama (4.0.0TP1) dirilis pada Januari 2006 setelah 3 tahun pembangunan. [16] [17]
2013/10/10               4.1                   dukungan untuk SMB3
2015/04/03               4.2                   Btrfs kompresi file berbasis, foto dan winbind integrasi [18]
2015/08/09               4.3                   Fitur Logging baru, SMB 3.1.1 dukungan [19]
22-03-2016                4.4                   Asynchronous permintaan siram [20]

Keamanan pada Samba
Keamanan pada Samba dapat dibilang  rendah menderita masalah keamanan serius yang dapat memungkinkan pengguna anonim untuk mendapatkan akar akses ke sistem dari koneksi anonim, melalui eksploitasi kesalahan dalam Samba panggilan prosedur jarak jauh .
Fitur-fitur yang terdapat pada samba
Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
             NetBIOS lebih TCP / IP ( NBT )
             SMB
             CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
             DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
             Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
             PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
             Keamanan Account Manajer (SAM) database yang
             Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
             Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS), NTLM dan baru-baru Active Directory Logon yang melibatkan versi modifikasi dari Kerberos dan versi modifikasi dari LDAP .
             DFS Server

layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:
             smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
             nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.
Samba TNG
Samba TNG (The Next Generation) yang bercabang pada akhir tahun 1999, setelah perselisihan antara para pemimpin Tim Samba dan Lukas Leighton tentang arah dari proyek Samba. Mereka gagal untuk mencapai kesepakatan pada pembangunan jalan transisi yang memungkinkan versi penelitian Samba ia berkembang (dikenal pada saat itu sebagai Samba-NTDOM) untuk perlahan-lahan diintegrasikan ke Samba
tujuan utama dari proyek Samba TNG adalah untuk menulis ulang semua layanan NT Domain sebagai FreeDCE proyek.[29] Membuat tujuan penulisan ulang ini sulit adalah fakta bahwa layanan semua dikembangkan secara manual melalui jaringan reverse-engineering, dengan terbatas atau tidak ada referensi ke DCE dokumentasi / RPC.
Perbedaan utama antara dua program yang dalam pelaksanaan PB Domain suite protokol dan MSRPC layanan. Samba membuat semua layanan NT Domain tersedia dari satu tempat, sedangkan Samba TNG telah dipisahkan setiap layanan dalam program sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar