Senin, 25 Juli 2016

Protokol Jaringan

Pengertin Protokol Jaringan

                Protokol jaringan itu adalah suatu aturan yang digunakan untuk mengtur online komunikasi antara bebrapa computer yang terdapat dalam suatu jaringan

Jenis- jenis protokol  jaringan
Protocol jaringan yang yang sering digunakan adalah:
1.    Ethernet
2.    Local talk
3.    Token ring
4.    FDDI

Protokol Jaringan Ethernet
                Adalah salah atu protokol yang paling banyak digunakan, Ethernet menggunakan cara masuk yaitu (acces menthode) yang biasa dikenl dengn CSMA atau CD, CSMA yaitu Carrier Sense Multiple Acces dan CD yaitu Csasion Deteetion. sistem ini menjelaskan bahwa setiap computer dapat memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirim Sesuatu ke dalamya.

Protokol Local Talk
                Cara massuk yang digunakan pada protocol local talk adalah CSMA / CA. CSMA adalah Carrrier Sense Multiple Acces. Sistem ini hampir sama dengan CSMA /CD kecuali computer memberi sinyal sebelum data akan dikirm, protocol jaringn yang digunkan oleh apple computer untuk computer macintasy, terdapat {kekurangan local talk adalah dari segi kecepatannya pengiriman informsai local talk hingga 230 kbps


Protokol Token Ring
                Protokol Token Ring dikembangkan oleh perusahaan IBM. Cara masuknya menggunakan cara pengeriman informasi didalam 1 lingkang. Protocol ini menggunkan topologi star ring.

 Protokol FDDI {Fiber distributet Data Interforce}
                Protokol FDDI adalah protocol  jaringan terutama untuk dua buah atau lebih jaringan area local, cara masuk  yang digunakan untuk FDDI juga meliht pengiriman token. Kelebihan dari FDDI adalah kecepatannya dalam proses pengiriman informasi biasa beroprasi menggunakan FIBER Aplit hingga 100 mbps.

Protokol Dapt dibagi menjadi dua, yaitu :
*Protokol tertutup
                Protokol tertutup sudah tidak berlaku lagi karena sekrang sudah tidak memakai 1 mesin, dan juga setiap protocol juga harus saling twerhubung satu sama lain.
*Protokol Terbuka
                Trabsmision control protokol  atau internet protokol adalah standart komunikasi data yang digunakan oleh komunikasi internet dalam proses tukar menukar data dari atu kemputer ke komputer lain diatas jaringan internet.

OSI layer terdapat 7 layer, yaitu:
*application Layer
                Application layer menyediakan jasa untuk  aplikasi pengguna layer OSI bertanggung jawab atas pertukaran informasi antara program computer.

* Presentsion
                Presentasion bertanggung jawab  bagaimana dta dikonekversikan dan diterima untuk transfer data dari computer.
*Session
                Sesion bertugs untuk menentukan bagaimana  2 terminal dapat memelihara, menjaga dan mengatur koneksi pada suatu jaringan

*Transpot
                Bertanggu8ng jawab membagi data menjadi segmen menjaga koneksi logika “end tu end antara terminal dan menyediakan penanganan eror serta berfungsi untuk memecahkan data ke dalam paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.

*Network
`               Network bertanggung jawab untuk menentukan alamat jaringan, dan dapat menentukan rute yang harus daimbil selama perjalanan, dan menjaga agar antrian trafik jaringan

*Data Link
                Data Link adalah untuk menyediakan link untuk data

*Physical Data
                Physical Data Bertanggung jawab atas peruses data menjadi bit dan mentransferkan melalui media dan menjaga koneksi fisik atar system.

TCP/IP dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1. lapisan Application
2. Transport
3. Internetwork
4. Network Interface.

1. Lapisan Application

            adalah lapisan dimana suatu perangkat lunak berperan, misalnya saja sebuah penjelajah web (web browser).

2. Transport             adalah lapisan untuk mendefinisikan bagaimana data yang diproses oleh lapisan aplikasi dikirimkan melalui jaringan. Dalam lapisan ini terdapat dua jenis protokol, yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol). Jenis protokol apa yang digunakan, dan bagaimana suatu data dikirimkan dengan protokol tersebut sangat bergantung pada lapisan aplikasi.

3. Internetwork.

            Pada lapisan ini segmen (data yang sudah dibubuhi header Transport) diberi header IP. didefinisikan dari siapa dan untuk siapa sebuah segmen itu akan dikirim, dengan membubuhkan alamat IP atau IP Address. Ada dua versi IP yang sekarang digunakan, yaitu IPv4 dan IPv6. IPv6 belum digunakan secara meluas karena masih terbatasnya perangkat yang mendukung.

4. Network Interface.

            Pada lapisan ini paket akan dibubuhi alamat perangkat keras dari perangkat antarmuka jaringan, yang kita kenal sebagai MAC Address, dan kemudian dikirimkan melalui perangkat-perangkat keras jaringan (hub,switch, kabel, dll). IP mendefinisikan pengalamatan secara logikal dan digunakan untuk penunjuk arah dari awal hingga tujuan, sedangkan MAC Address mendefinisikan secara fisik, dan hanya belaku untuk setiap segmen jaringan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar