Sabtu, 13 Februari 2016


     RUMUS-RUMUS PADA MICROSOFT EXCEL

Kali ini saya akan menunjukan atau mengajarkan cara atau rumus pada Microsoft excel,contohnya:
-jumlah nilai
-Rata-rata
-keterangan
-Nilai huruf
-Rangking
-Nilai MAX
-Nilai MIN
Langka-langkanya sebagai berikut :

1.)Siapkan nama atau data siswa dan nilai seperti gambar saya di atas, nama dan nilai terserah anda kebetulan saya Cuma menggunakan 20 anak supaya tidak terlalu banyak.
2.)jika smua nilai sudah di masukkan dan kita akan menghitung jumlahnya tidak perlu cara manual lagi tinggal ketik saja =SUM(C6:G6) tulisan C6:G6 itu bisa kita ganti sesuai nilai yang mau kita hitung mulai kolom apa sampai kolom apa,jika sudah kalian ketik dan keluar kalian tidak perlu ngetik satu persatu tinggal seret saja seperti gambar berikut ini.


3.)Jika anda ingin menentukan rata-rata suatu siswa tidak perlu lagi harus  pakai rumus jumlah data dibagi banyak data tinggal ketik aja pada Microsoft excel kalian rumus =AVERAGE(C6:G6) seperti tadi (C6:G6) adalah kolom yang mau kita hitung, kemudian tarik ke bawah seperti tadi, sebagai contohnya lihatlah gambar di bawah ini.


4.)Sekarang saya kasih tau bagaimana cara memberi keterangan pada Microsoft excel kita kebetulan saya menggunakan keterangan LULUS dan TIDAK LULUS, yang rata-ratanya kurang dari 75 berarti saya beri keterangan TIDAK LULUS dan sebaliknya. Caranya mudah sekali tinggal masukan saja rumus =IF(I6>75,"LULUS","TIDAK LULUS") seperti tadi I6 adalah kolom rata-rata karena yang kita hitung pada keterangan adalah rata-ratanya bukan nilainya, jika sudah di masukan maka akan muncul keterangannya dan seret saja seperti tadi untu menghemat waktu seperti gambar di bawah ini.




5.)Dan untuk membuat nilai huruf kita tentukan dulu batas-batas nilainya kebetulan saya buat batas-batas nilainya sebagai berikut:
        <75= D
        >75= C
>80= B
<90= A

Rumusnya sebetulnya sama seperti rumus keterangan tadi tapi hanya lebih dikembangkan lagi rumusnya adalah =IF(I6>90,"A",IF(I6>80,"B",IF(I6>75,"C",IF(I6<75,"D",)))) dimana I6 adalah kolom rata-rata, utamakan nilai yang besar di tulis di depan karena jika di tulis di belakang hanya keluar huruf C dan D bukan A,B,C,D seperti yang kita inginkan, jika sudah tarik lke bawah lagi seperti gambar di bawah ini.

6.)Selanjutnya rumus yang mau saya bagi adalah rumus cara memasukan rangking pada Microsoft     excel caranya agak rumit karena memasukan rumus dengan satu persatu karena jika kita seret kayak tadi pasti akan terjadi peringkat yang sama, rumusnya adalah =RANK(I6,I6:I25) dimana I6:I25 adalh data siswa mulai dari 1 sampai 20 contohnya ada pada gambar di bawah ini.
7.)sekarang saya akan member tau cara membuat atau menghitung jumlah huruf seperti A adalah berapa B ada berapa rumusnya simple tinggal ketik aja =COUNTIF(K6:K25,"D") dimana D adalah huruf yang mau kita hitung seperti A,B atau Csebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini.
8.)Dan untuk mengetauhi jumlah siswa rumusnya sama kayak di ats  yaitu =COUNT(I6:I25) simple kan contohnya pada gambar di bawah ini.
9.)Dan untuk memasukaj jumlah sisiwa yang mendapat nilai kayak min dan max itu mudah masukan saja rumus =COUNTIF(I6:I25,"<=80") dimana nilai berapa yang mau kita ketauhi jumlah sisiwa yang dapat nilai itu, contoh ada pada gambar berikut ini.

Itulah beberapa contoh rumus yang terdapat pada Microsoft excel kurang lebihnya saya mohon maaf, silakan jika ada masukan silakan coment pada blog saya ini.


Penulis by sandi eko eriyanto kelas 10 tkj 2 smkn perkapalan sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar