Sabtu, 13 Februari 2016

tipe data php


Mengenal Macam-macam Tipe Data di PHP


Bismillah, sebagaimana sebuah bahasa pemrograman, PHP juga mengenal yang namanya tipe data. Tipe data merupakan jenis dari suatu data yang akan diproses oleh bahasa pemrograman. Macam-macam tipe data pada berbagai bahasa pemrograman kurang-lebih sama, namun barangkali istilahnya saja yang berbeda.

Boolean

Tipe data boolean adalah tipe data yang merepresentasikan suatu kondisi ‘benar’ (true) atau ‘salah’ (false). Selain itu juga dapat menggunakan nilai 1 untuk menyatakan true dan 0 untukfalse. Penulisan bilangan ini mengikuti aturan case-Insensitive sehingga TRUE dan truedianggap sama oleh PHP. Perhatikan contoh dibawah:
Pada contoh di atas, pertama mendefinisikan variabel $kondisi yang memiliki tipe data boolean dan bernilai true. Lalu pada baris selanjutnya memeriksa nilai variabel $kondisi bila memiliki nilai TRUE maka tuliskan kata “Kondisinya benar”.

Integer

Tipe data integer merupakan tipe data bilangan bulat baik yang positif atau negatif {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …}. Tipe data integer mendukung bilangan Oktal, Desimal, maupun Hexadesimal.
Contoh:
Output :
Ini adalah bilangan desimal : 9259
Untuk menuliskan tipe data integer yang berupa bilangan oktal, harus didahului dengan nol ‘0’ di depan bilangannya. Contoh:
Output :Ini bilangan oktal : 0560
Sedangkan untuk menuliskan bilangan hexadesimal didahului dengan ‘0x’. Perhatikan contoh di bawah:
Output:Ini adalah bilangan hexadesimal : 0x5F

Float

Tipe data float adalah bilangan pecahan atau mengambang yang juga biasa disebut tipe datadouble atau real number seperti 4.9, 9.7, 52.19 dan sebagainya.
Output:
Hasil pembagian dari 10 dan 3 adalah 3.3333333333333
3.33

String

Tipe data string adalah tipe data yang tidak dapat dihitung, artinya tipe data string tidak dapat dikenakan operasi aritmatika karena string berupa karakter huruf atau angka. Untuk menuliskan string di dalam PHP haruslah menggunakan tanda kutip ganda ( ” “ ) atau kutip tunggal ( ‘ ‘ ). Keduanya sama saja, namun bila anda membuka dengan kutip ganda ( ” “ ) maka anda perlu menutupnya dengan kutip ganda pula, demikian pula dengan kutip tunggal ( ‘ ‘ ).
Perhatikan contoh berikut:
Output :Ini string dengan tanda kutip ganda
Ini string dengan tanda kutip tunggal
String dengan tanda kutip ganda yang mengandung ‘tanda kutip tunggal’
String dengan tanda kutip tunggal yang mengandung “tanda kutip ganda”
Alhamdulillah, hari ini hari jum’at

Array

Tipe data Array merupakan himpunan dari beberapa data yang disimpan di dalam sebuah variabel. Data yang ada di dalam array disebut dengan elemen array. Setiap elemen array dipisahkan dengan koma ( , ).
Contoh :
Untuk lebih jelas mengenai array insyaallah akan ada posting tersendiri nanti ðŸ˜€
Sebenarnya masih ada lagi tipe data di dalam PHP, namun yang umum digunakan adalah yang sudah disebutkan di atas.
Oh ya, untuk mengetahui tipe data PHP menyediakan fungsi var_dump(). Jadi, untuk mengetahui apakah tipe data dari variabel $a maka cukup tuliskan var_dump($a).
Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar